Selasa, 19 April 2011

Kita Amati Yuuk, Pentingnya SENI :)

WHAT THE MEANING OF “SENI”
Seni didalam dunia berkesenian adalah produk budaya yang diolah dari satu kebudayaan yang berlangsung ditengah masyarakatnya. Dia bukan abstraksi bayang2 ajaib atau imaginasi mengada-ada ‘absurd’ yang turun dari langit , atau bahkan subyek dari satu aplikasi yg dicangkokkan secara bulat2 dari luar kepalanya sendiri.
Seni juga bukan sekedar media untuk menghibur hati , yang berfungsi untuk menutupi realitas dan menjadi tempat persembunyian dari satu kondisi budaya/perilaku buruk yang sedang terjadi. Temuan2 tehnologi , hanyalah fasilitas dan sarana agar proses pencapaian seni bisa memperoleh kemudahan didalam perjalanannya untuk merepresentasikan produk2 hasil kerja kebudayaannya itu sendiri.
Seni musik yang jauh panggang dari api , adalah seni yang hanya sebatas naluri ‘purba’ yang memprovokasi adrenalin , hingar bingar kerasnya suara atau gemulainya nada & kata2 yg menina bobokkan dan akan ‘selesai’ serta berhenti sebatas ditataran bunyi , tanpa membidani lahirnya inspirasi maupun gagasan dari dalam benak para penikmatnya.
Seni adalah “kejujuran yang indah” , tak ada keindahan seni tanpa kejujuran perilaku dari pelaku seninya itu sendiri. Pelaku seni adalah peniup trompet moralitas , etika didalam wilayah artistik. Bukan terdakwa asusila , narkoba bahkan perilaku menyimpang yang jelas mencederai norma2 apalagi bersahabat dengan terali jeruji penjara. Tidak ada pembenaran pelaku seni atau seniman untuk ‘bebas nilai’ atas nama kebebasan berekspresi.
Seni harus bebas dari perangai manipulatif yg materialistik . Seni menjunjung tinggi kemuliaan bagi terciptanya harkat dan martabat manusia. Seni yang terjebak pada perilaku selebritis , adalah ‘sampah’ yg dibawa oleh se-onggok daging dalam tubuh manusia yang dikelola oleh disiplin kamera dan cenderung mengabaikan esensi seni serta patuh pada kebodohan penontonnya.
Dalam hal ini seni tentu berpengaruh dalam berbagai kegiatan. Contohnya dalam pelajaran, seni tidak hanya dibutuhkan pada pelajaran seni saja, tetapi seni juga dibutuhkan pada pelajaran lain. Seperti misalnya :

1. Kewarganegaraan
Seni juga berfungsi pada pelajaran Kewarganegaraan atau yang biasa kita sebut PPKN. Dalam brinteraksi dengan lingkungan lain, kita perlu adanya seni dalam melakukan suatu kegiatan. Lebih tepatnya dalam memecahkan suatu masalah. Memecahkan suatu masalah tidak hanya dibutuhkan logika yang tepat, melainkan kreativitas intelektual dalam menyelesaikan masalah tersebut.
2. Matematika
Didalam lingkungan pembelajaran (dalam hal ini termasuk, sekolah ataupun tempat pendidikan lainnya) diajarkan cara memecahkan suatu masalah. Seperti untuk perhitungan tertentu, menggunakan cara A atau B. murid yang ceradas tentu tidak hanya berpatokan kepada yang diajarkan pengajar di sekolah. Murid juga diharapkan dapat membuat penyelesaian masalah sendiri dalam memecahkan soal tersebut. Hal tersebut baru bisa dikatakan murid yang cerdas.
3. Sejarah
Didalam pelajaan sejarah, seni tentu saja menjadi salah satu topik dari pelajaran tersebut. Setiap pelajaran tentu mempunyai sejarah tertentu. Pada sejarah bangsa Indonesia, kita tentu mempunyai sejarah seni yang sangat berarti. Tentang budaya Indonesia, seniman-seniman dizaman dahulu, pemahatan patung, pembuatan batik dan sebagainya. Hal tersebut tentu mempunyai seni tersendiri sehingga B.Indonesia mempunyai banyak sekali seni yang terkenal diseluruh dunia.
Dari beberapa contoh pelajaran diatas cukup memberikan bukti bahwa seni adalah jantung dari suatu kegiatan. Dalam hal ini Sistem Informasi (jurusan saya), juga mengandung arti seni tersendiri. Pada jurusan ini, telah diajarkan mendesign suatu web atau aplikasi. Mahasiswa yang memiliki jiwa seni yang tinggi tentu mempunyai inovasi tersendiri dalam membuat suatu object. Termasuk jika kita menemui suatu masalah dalam sistem, kita dituntut untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan kreativitas yang kita punya. Semua hal yang terkandung seni tersebut telah menjadi satu dalam pelajaran di jurusan kami, ialah Ilmu Budaya Dasar.
Dalam ilmu budaya dasar, kita diajari bagaimana cara untuk menghargai prang lain. Karena pengertian seni adalah ‘kejujuran yang indah’. Agar dapat diterima dimasyarakat, kjujuran adalah hal yang paling penting dalam melakukan suatu kegiatan. Apabila sesuatu dilakukan berlandaskan kejujuran, maka hasil yang diperoleh akan sesuai dengan perjuangan yang kita lakukan. Karena kejujuran itu adalah seni dari diri sendiri.

KRITIK :
Perhatikanlah kepada generasi saat ini, bahwa Indonesia memiliki seni dan budaya yang amat banyak. Gunakanlah hal tersebut unutk mencerdaskan bangsa, bukan untuk kepentingan diri semata.
SARAN :
Seni menjadi hal pokok dalam pembelajaran, bukan karena pelajaran yang telah hilang kini, tetapi karena penerapannya dalam kehidupa sehari-hari banyak membawa hal-hal positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar