Selasa, 19 April 2011

CINTA KASIH (PART 2)

CINTA KASIH PART 2
Dalam topic “cinta kasih” kita kali ini, membahas cinta kasih yang terjalin dalam hubungan pertemanan atau masyarakat dan lingkungan sekitar. Dalam hal ini cinta kasih juga perlu adanya.
Cinta kasih tidak hanya dilakukan kepada kelarga, cinta kasih juga dapat kita terapkan di pertemanan atau lingkungan sekitar. Setiap manuia tentu sangat butuh yang dinamakan komunikasi. Komunikasi terjalin bukan hanya di rumah saja, tetapi juga penting pada dunia luar.
Menusia tentu membuatuhkan sosialisasi. Tutur kata yang sopan, sikap yang baik, penampilan yang rapih tentu menjadi syarat utama dalam pergaulan sehari-hari. Tutur kata yang sopan penting adanya, karena dari cara berbicara kita orang lain dapat menilai sikap kita.
Apabila tutur kata kita baik, orang lainpun akan senang berteman dengan kita. Karena ita membawa dampak positif buat anak-anak yang lain. Contohnya, ketika kita memasuki daerah orang lain, hendaknya kita mengucapkan salam, atau mengetuk pintu terlebih dahulu. Begitu juga dengan sikap yang santun atau sopan. Sikap ini sangat dipandang di kalangan masyarakat.
Apabila sikap kita baik terhadap orang lain, tentu warga sekitar juga menghargai kita. Begitu pula sebaliknya, jika sikap kita dihadapan orang lain terkesan kasar atau tidak sopan, denag sendirinya orang-orang akan menjauhi kita. Contohnya ketika kita melewati suatu gang jalan yang terdapat orang tua sedang berkumpul, handaklah membungkuk dan mengucapkan “permisi”. Tentu prang-orang akan tersenyum jika melihat sikap kita yang santun. Ingat !! Membuat orang tersenyum merupakan suatu ibadah loh !
Tahukah kalian ? Bahwa berpakaian merupakan adab dalam pergaulan sehari-hari. Jika kita mengenakan pakaian yang terkesan amburadul, jorok dan acak-acakan, orang lain akan memandang kita rendah. Bukan berarti pakaian yang mahal yang harus kita kenakan, tetapi kesopanan dalam berpakaian yang sangat penting kita tunjukan.
Pada masa ini kita sudah kerap kali melihat anak-anak jalanan yang menjadi korban dari bermacam-macam hal. Mereka terkesan dipandang sebelah mata oleh orng-orang sekitar. Karena dari sikap mereka, ataupun tutur kata mereka. Bukan berarti keluarga yang kalangan menengah kebawah, memiliki sikap yang buruk. Tidak sedikit pula anak-anak berprestasi dari kalangan keluarga yang tidak mampu. Tentu dengan penanaman pribadi yag baik kepada sang anak.
Hal tersebut akan terbiasa kita lakukan apabila hal tersebut telah ditanamkan sejak dini. Disinilah peran orang tua sangat pentin dalam tumbuh kembangnya kepribadian sang anak. Untuk itu sebagai orang tua, hendaklan memberikan contoh yang terbaik bagi sang anak. Karena kelak dewasa nanti sianak akan menghadapi public. Terlihat dari bagaimana orang tua mendidik anaknya, yang menilai adalah masyarakat.
Sangat indah bukan ?! Bila anak kita dapat memposisikan dirinya ditengah-tengah masyarakat. Dan sangat bersyukur bila dapat menjadi contoh untuk anak-anak yan g lain. Disini terlihat bahwa orangtua memiliki tanggung jawab begitu besar dalam merawat sang anak. Kita sebagai anak juga wajib menghormati orang tua. Agar menjadi kebanggaan bangsa dan Negara

Kritik :
Sikap kita tentu menjadi cerminan kepribadian kita, untuk itu perlu bagi pendidik di sekolah atau dimanapun untuk benar-benar mendidik agar kelak menjadi anak yang berguna bagi bangsa dan agama.
Saran :
Pandai-pandailah memposisikan diri karena hal tersebut akan berpengaruh dimasa depan nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar