Selasa, 19 April 2011

Cinta Kasih :)

CINTA KASIH PART 1
Cinta Kasih biasa diartikan yaitu perasaan ingin menyayangi dan melindungi terhadap orang yang kita cintai. Cinta kasih sangat baik adanya didalam penerapan kehidupan sehari-hari. Tetapi cinta kasih yang berlebihan pun dapat menimbulkan hal-hal negative. Dalam hal ini saya akan membahas tentang cinta kasih, dmulai dari ;
Pentingnya Cinta Kasih
Dalam kehidupan sehari-hari, tentu kita mengalami pendekatan kepada orang lain. Mengenal banyak orang, pribadi mereka yan berbeda-beda. Allah mengaruniai kita perasaan saling menyayangi kepada setiap mekhluk hidup. Setiap kita melihat sesuatu dialam luar, kita pasti mengagumi indahnya yang telah diciptakan allah swt. Cinta kasih telah ditanamkan kepada kita sejak kita didalam kandungan. Bagaimana cara orang tua mengasihi kita, merawat kita, membesarkan kita. Dan mengharapkan kita menjadi anak yang berbakti yang selalu mendo’akan orang tuanya. Ingat akan allah, menjadi anak yang soleh soleha.
Dalam keluarga, cinta kasih telah ditanamkan agar mempunyai Patokan dalam melakukan suatu tindakan. Seperti, ketika kita mempunyai seorang adik, tentu kita sangat mengasihinya, menyayanginya sehingga timbul rasa ingin melindunginya. Rasa cinta kasih tersebut yang amat erat ditimbulkan didalam keluarga agar sesame anggota keluarga saling menyayangi. Terkadang kita prihatin dengan adanya kekrasan yang terjadi dikeluarga. Pada dasarnya keluarga adalah tempat kita berlindung dari segala bahaya yang terjadi diluar sana.
Keluarga yang hangat tentu sangat berpengaruh terhadap psikologis sang anak. Karena anak pada maasa umur terntetu akan mencontoh sikap yang dilakukan orang tua. Apabila didalam keluarga tersebut sanga ayah melakukan pemukulan terhadap ibunya, maka si anak kemungkinan besar akan melakukan hal tersebut diluar lingkungan keluarga.
Dan apabila hal tersebut terbawa hingga ia dewasa, akan berpengaruh kepada emosi sang anak ketika ia bergaul dengan lingkungan masyarakat, ataupun membangun sebuah rumah tangga kembali. Anak yang kurang mendapatkan cinta kasih dari orang tua, terkesan lebih emosional atau pemarah kepada hal sekecil apapun yang mengganggunya. Akibatnya, ia dijauhi teman-teman sepermainannya dan terkesan lebih murung. Tidak seceria anak-anak seusianya.
Apabila hal tersebut labih menyiksa dsang anak, ia akan melarikan diri ke berbagai kegiatan yang dilarang oleh hokum dan agama. Seperti terjerumus ke ruang lingkup obat-obatan terlarang atau minum-minuman keras. Sudah banyak contoh dari anak-anak korban KDRT yang menjadi rusak akibat hal tersebut. Kalau sudah terjadi hal seperti ini, siapa yang bertanggung jawab ??? Tentu oaring tua hanya saling menyalahkan.
Terlebih lagi seorang ibu yang memang mempunyai tugas labih banyak unutk mendidik sang anak. Dalam peristiwa tersebut, kita dapat mengambil hikmahnya. Bahwa keluarga adalah hal yang teramat penting. Unutk itu jaga selalu keharmonisan keluarga agar anak-anak tak menjadi imbas dari keluarga tersebut. Kan tidak rugi, jika kita menanamkan kebikan pada sang anak ?! Anak yang soleh-soleha juga akan bermanfaat bagi bangsa dan juga Negara. Tentu kita bangga sebagai orang tua.

Kritik :
Contohkan hal yang baik untuk sang anak. Jika anak sudah besar bukan berarti pemikiran mereka sudah matang. Karena setiap manusia dikaruniai akal yang berbeda. Walaupun anak kita sudah besar, tetaplah mencontohkan hal yang baik kepada sang anak.
Saran :
Kesabaran adalah salah satu kunci dari orang tua untuk menyelesaikan maslah. Apabila ada masalah besar, sebaiknya segera dicari jalan keluarnya agar tidak berlarut-larut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar